Renungan Menuju Ramadan : 10 Wasiat Hasan Al Bana

Assalamu’alaykum …

Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kita berbagai macam nikmat, terutama nikmat Islam dan Iman. Sungguh, tiada yang lebih berharga di diri kita dari pada Islam dan Iman yang kita miliki.

Shalawat serta salam semoga selalu tercurah kepada suri tauladan kita Nabi Besar Baginda Rosulullah saw. Semoga kita selalu senantiasa istiqomah mengamalkan sunnah-sunnah beliau. Amiin.

Ikhwan wa akhwat fillah … Sahabat Moodis yang disayangi Allah …

Dalam hidup kita, dalam setiap aktivitas kita, manakah porsi yang lebih besar? Lebih banyak kesia-siaan atau lebih banyak manfaat?

Lebih banyak have fun, hura-hura, atau lebih banyak belajar perihal ilmu-ilmu dunia dan akhirat? Apa yang sudah kita persiapkan untuk kehidupan yang kekal?

Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat); dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.

Dan janganlah kamu seperti orang-orang yang lupa kepada Allah, lalu Allah menjadikan mereka lupa kepada mereka sendiri. Mereka itulah orang-orang yang fasik.

Tidaklah sama penghuni-penghuni neraka dengan penghuni-penghuni jannah; penghuni-penghuni jannah itulah orang-orang yang beruntung.

QS Al Hasyr : 18 – 20

Ikhwan wa akhwat fillah,

Jiwa kita, rohani kita, sudah sepatutnya kita perhatikan ,,, Sudah seharusnya kita berikan asupan-asupan … Jangan sampai kita melupakan rohani kita ,,,

Kita rela 90 + 30 menit menyaksikan pertandingan final Piala Dunia 2010 … Kenapa begitu berat kita membaca Al Quran 1 halaman? Membaca artikel-artikel Islam yang dapat kita selesaikan dalam waktu 10 menit? Atau, mendengar kuliah tujuh menit sebelum magrib di TV?

Ikhwan wa akhwat fillah,

Yang demikian itu memang berat ,,, dan akan bertambah berat bila kita tidak berusaha untuk berubah ,,, Tidak berusaha untuk memulai … Semua harus kita latih ,,, Harus kita coba …

Semoga Allah SWT memudahkan langkah-langkah kita untuk dekat dengan-Nya ,,, Amiiin …

Ikhwan wa akhwat fillah yang dirahmati Allah SWT,

Imam Hasan Al Bana memberikan 10 wasiat kepada kita …

10 Wasiat Hasan Al Bana

  1. Jika Anda mendengar adzan segeralah lakukan shalat walau bagaimanapun kesibukan Anda.

    Rasulullah saw bersabda : “Amal perbuatan yang pertama kali dihisab dari seorang hamba pada hari kiamat adalah sholatnya. Maka apabila ia menyempurnakannya, akan ditulis baginya yang sunnah. Lalu apabila ia belum menyempurnakannya, berfirmanlah Allah Yang Maha Suci kepada Malaikat-Nya : “Lihatlah, apakah kamu mendapati pada hamba-Ku dari sholat sunnah?” Maka sempurnakanlah apa-apa yang tercecer (hilang) dari sholat wajibnya dengan sholat-sholat sunnahnya itu. Selanjutnya amalan-amalan yang lain dihisap dengan cara seperti itu.”

    HR Ibnu Majah

    “Apakah yang memasukkan kamu ke dalam Saqar (neraka)? Mereka menjawab: “Kami dahulu tidak termasuk orang-orang yang mengerjakan shalat, dan kami tidak (pula) memberi makan orang miskin, dan kami membicarakan yang bathil, bersama dengan orang-orang yang membicarakannya, dan adalah kami mendustakan hari pembalasan, hingga datang kepada kami kematian.”

    QS Al Mudatsir : 19 – 20

  2. Bacalah Al Quran, lakukan pengajian, dengarlah pengajian dan berdzikirlah. Jangan sia-siakan waktu Anda untuk persoalan yang tidak berguna.

    “Bacalah al Quran karena ia akan datang pada hari kiamat sebagai pemberi syafaat kepada yang membacanya.”

    HR Muslim

  3. Berusahalah membiasakan berbiacara dengan bahasa Arab standar (fusha) karena bahasa Arab standar merupakan salah satu syi’ar Islam.
  4. Jangan memperbanyak perdebatan dalam semua urusan walau bagaimanapun keadaannya, sebab pertengkaran itu tidak akan mendatangkan kebaikan.

    “Aku jamin rumah di dasar surga bagi seseorang yang menghindari perdebatan sekalipun ia benar, dan aku jamin rumah di tengah surga bagi yang menghindari dusta walaupun dalam gurauan, dan aku jamin rumah di puncak surga bagi yang baik akhlaknya.”

    HR Abu Daud

    “Barangsiapa tidak berdebat ketika ia salah, maka akan dibagunkan baginya rumah di tepian surga. Barangsiapa menghindari perdebatan walau ia benar, maka akan dibangunkan baginya rumah di tengah surga. Dan, barangsiapa memperbaikin akhlaknya, maka akan dibangunkan baginya rumah di puncak surga.”

    HR Tirmidzi

  5. Jangan banyak tertawa, karena orang yang selalu berhubungan dengan Allah bersifat tenang dan serius.
  6. Jangan banyak bergurau, sebab ummat yang berjihad hanya mengenal keseriusan.

    “Maka hendaklah mereka tertawa sedikit dan menangis dengan banyak.”

    QS At Taubah : 82

    Rasulullah bersabda, “Dan janganlah kamu banyak ketawa kerana banyak ketawa itu mematikan hati.”

    HR Ahmad dan Tirmidzi

  7. Jangan bersuara keras melebihi yang diperlukan pendengar, karena hal itu selain menyakitkan, juga termasuk perbuatan bodoh.

    “Dan sederhanalah kamu dalam berjalan dan lembutkanlah suaramu. Sesungguhnya seburuk-buruk suara ialah suara keledai.”

    QS Luqman : 19

  8. Jangan mengumpat seseorang, jangan merendahkan lembaga-lembaga Islam dan jangan berbicara kecuali dalam kebaikan.

    “Kecelakaanlah bagi setiap pengumpat lagi pencela.”

    QS Al Humazah : 1

    “Barangsiapa beriman kepada Allah dan hari akhir hendaklah dia berkata baik atau diam, barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir hendaklah dia menghormati tetangganya, dan barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir maka hendaklah dia memuliakan tamunya.”

    HR Bukhari dan Muslim

  9. Berkenalanlah dengan saudara dan teman-teman yang Anda jumpai, meskipun Anda tidak diminta memperkenalkan diri. Sebab, dasar da’wah kita adalah kasih sayang dan persaudaraan.

    “Tidaklah sempurna iman seseorang diantara kalian hingga dia mencintai saudaranya sebagaimana dia mencintai dirinya sendiri.”

    HR Bukhari dan Muslim

  10. Kewajiban itu lebih banyak dari waktu yang Anda miliki. Maka bantulah orang lain supaya memanfaatkan waktunya. Kalau Anda berurusan, persingkatlah pelaksanaannya.

    “Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran.”

    QS Al ‘Ashr : 1 – 3

Ikhwan wa akhwat fillah yang dicintai Allah SWT,

Masih ada waktu ,,, Masih ada waktu ,,, Masih ada waktu bagi kita untuk bertaubat ,,, Untuk kembali kepada-Nya …

“Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kepada Allah dengan taubatan nasuhaa (taubat yang semurni-murninya). Mudah-mudahan Tuhanmu akan menutupi kesalahan-kesalahanmu dan memasukkanmu ke dalam jannah yang mengalir di bawahnya sungai-sungai.

QS At Tahrim : 8

Semoga kita selalu dapat istiqomah di jalan-Nya … Amiiin ,,,

Allahumabarikalana fi rajaba wa sya’ban wa balighna romadhon ,,, Semoga Allah SWT memberikan kita keberkahan di bulan Rajab dan Sya’ban, dan menyampaikan kita pada bulan Ramadhan … Amiiin ,,,

Semoga Allah mengampuni kita ,,, Semoga Allah SWT ridho …

Wassalam …

Fiamanillah,

Tim Moodis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: