[Tausiyah Ramadhan] [Hari 14 dan 15] Satu Purnama

Allah bertanya: “Berapa tahunkah lamanya kamu tinggal di bumi?” Mereka menjawab: “Kami tinggal di bumi sehari atau setengah hari, maka tanyakanlah kepada orang-orang yang menghitung.” Allah berfirman: “Kamu tidak tinggal di bumi melainkan sebentar saja, kalau kamu sesungguhnya mengetahui.” Maka apakah kamu mengira, bahwa sesungguhnya Kami menciptakan kamu secara main-main saja (tanpa tujuan), dan bahwa kamu tidak akan dikembalikan kepada Kami?

QS Al Mu’minun : 112-115

Assalamu’alaykum warahmatullahi wabarakatuh …

Ikhwan wa akhwat fillah yang disayangi Allah SWT,

Sudah 12 tahun sejak saya lulus dari sekolah dasar. Tapi, rasa-rasanya baru kemarin saya mendapatkan ijazah kelulusan dari sekolah dasar. Begitu cepat! Mungkin ikhwan dan akhwat sekalian juga merasakan hal yang sama. Seperti baru kemarin mengucapkan ijab qobul pernikahan, begitu cepat waktu berlalu, sekarang mungkin rambut sudah penuh dengan uban dan usia sudah menjelang 50.

Allah SWT mengingatkan kita di dalam surat AL Mu’minun ayat 112-115 bahwa hidup yang kita jalani di bumi hanya sebentar saja. Dari kita lahir sampai kita meninggal dunia Allah katakan “hanya sebentar saja”. Apalagi masa-masa kecil kita sampai sekarang yang hanya sekitar 20, 30, atau 40 tahun? Pastilah begitu terasa sangat sebentar.

Ikhwan wa akhwat fillah yang dirahmati Allah SWT,

Suatu hari seorang teman kehilangan tas yang berisi sebuah laptop, sebuah kamera digital, dan sebuah IPod. Begitu paniknya beliau. Begitu sedihnya beliau atas kehilangan benda-benda kesayangannya.

Lain lagi dengan tetangga teman saya. Mobilnya hilang diparkiran sebuah mall saat ditinggal berbelanja. Begitu paniknya beliau. Berbagai usaha dilakukan agar mobilnya dapat kembali. Melapor ke polisi, bahkan sampai mendatangi ‘orang pintar’ untuk mengetahui siapa yang mengambil mobil tersebut. Astaghfirullah …

Setali tiga uang dengan seorang kolega saya. Beliau baru saja ‘diberhentikan’ dari tempat beliau bekerja. Uring-uringan! Kehilangan arah! Tidak ada pegangan! Stress berhari-hari, bahkan sampai tidak mau berbicara sama sekali … AllahuAkbar …

Tidak berbeda dengan teman satu bimbel saya yang baru saja ayahnya dipanggil oleh Allah SWT. Nangis dan duka yang tiada henti.

Innalillahi wa inna ilaihi raji’un ,,,

Begitu banyak orang yang bersedih hatinya dengan berlarut-larut jika kehilangan barang-barang atau orang-orang yang dicintainya. Padahal, semua itu milik Allah SWT, dan akan kembali segala sesuatunya kepada Allah SWT.

“Tiada suatu bencanapun yang menimpa di bumi dan tidak pula pada dirimu sendiri melainkan telah tertulis dalam kitab Lauh Mahfuzh sebelum Kami menciptakannya. Sesungguhnya yang demikian itu adalah mudah bagi Allah. Kami jelaskan yang demikian itu supaya kamu jangan berduka cita terhadap apa yang luput dari kamu, dan supaya kamu jangan terlalu gembira terhadap apa yang diberikan-Nya kepadamu. Dan Allah tidak menyukai setiap orang yang sombong lagi membanggakan diri.”

QS Al Hadid : 22-23

Ikhwan wa akhwat fillah, bila kita pandangi ke atas langit malam ini, kita akan mellihat purnama yang penuh, begitu indah. Purnama penuh menandakan bahwa kita sudah berada di tengah-tengah bulan. Kita sudah berada di tengah-tengah bulan ramadhan. Hanya setengah bulan lagi ramadhan, bulan yang penuh rahmat, bulan yang penuh ampunan dari Allah SWT akan meninggalkan kita.

Bagaimana dengan ramadhan? Cintakah kita pada bulan suci ini? Sedihkah kita ditinggal oleh bulan ramadhan? Sudah setengah bulan kita lalui ramadhan, sedihkah kita kehilangan berkah dan rahmat di bulan ramadhan yang setengah bulan kita lalui?

Ikhwan wa akhwat fillah yang dimuliakan Allah SWT, jika Allah mengizinkan, jika Allah berkenan, masih ada setengah bulan ramadhan lagi untuk kita mengerjar semua ketertinggalan kita. Mari kita sama-sama muhasabah diri kita untuk menghadapi setengah bulan kedepan agar tidak kehilangan berkah, rahmat, dan ampunan dari Allah SWT. Jangan sampai kita termasuk orang-orang yang merugi …

Tarawih / Qiyamul Lail

Shalat yang paling utama setelah shalat fardhu adalah shalat malam.

HR Muslim

Wahai manusia, tebarkanlah salam, berikanlah makan, sambunglah silaturahim dan shalatlah kalian pada saat manusia tidur malam, maka kalian akan masuk surga dengan tenang.

HR Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Hakim

Barang siapa yang shalat (malam) dengan membaca sepuluh ayat maka tidak dicatat sebagai orang yang lalai. Barangsiapa yang shalat dengan membaca seratus ayat maka dicatat sebagai orang yang taat. Barangsiapa yang shalat dengan membaca seribu ayat maka dicatat sebagai muqanthirin (orang yang dapat pahala sebesar satu qinthar).

HR Abu Dawud, dishahihkan oleh Al-Albani

* Penjelasan “Satu qinthar” : Dari Abu Hurairah r.a., bahawasanya Rasulullah s.a.w. bersabda, “Satu Qinthar dalah 12,000 uqiyah. Tiap-tiap satu uqiyah adalah lebih baik dari segala yang ada antara langit dan bumi.” (Riwayat Ibnu Hibban di dalam sahihnya. Menurut keterangan Maulana Muhammad Yussof Al-Kandhalawi, isnad hadith ini hasan)

Bagaimana ikhwan wa akhwat fillah sekalian tarawih dan qiyamul lail kita disetengah bulan yang telah kita lewati? Begitu banyak keutamaan dalam qiyamul lail. Masih ada waktu untuk mengejar qiyamul lail yang tertinggal, jika Allah mengizinkan …

Sahur

“Bersahurlah kamu karena pada sahur itu ada keberkahan.”

HR Bukhari, Muslim, Ahmad, Tirmizi, Nasai dan Ibnu Majah

“Makanlah sahur, sekalipun dengan seteguk air.”

HR Ibnu Hibban

Nah, ikhwan wa akhwat fillah … Sudah berapa hari puasa yang kita lewati tanpa sahur? Subhanallah, sahur itu nikmat, dan di dalamnya pun terdapat keberkahan. AllahuAkbar …

Dhuha

“Bagi tiap-tiap ruas anggota tubuh kalian hendaklah dikeluarkan sedekah baginya setiap pagi. Satu kali membaca tasbih (subhanallah) adalah sedekah, satu kali membaca tahmid (alhamdulillah) adalah sedekah, satu kali membaca takbir (Allahu Akbar) adalah sedekah, menyuruh berbuat baik adalah sedekah, dan mencegah kemungkaran adalah sedekah. Dan, semua itu bisa diganti dengan dua rakaat shalat Dhuha.”

HR Muslim

Bagaimana sholat dhuha kita ikhwan wa akhwat fillah? Subhanallah, bila kita istiqomah melaksanakan sholat dhuha di bulan ramadhan ini … AllahuAkbar, insyaAllah, Allah akan melipatgandakan pahala untuk kita …

Shalat Wajib

AllahuAkbar ,,, yang ini jangan sampai kita tinggalkan, ikhwan wa akhwat fillah …

“Apakah yang memasukkan kamu ke dalam Saqar (neraka)? Mereka menjawab: “Kami dahulu tidak termasuk orang-orang yang mengerjakan shalat, dan kami tidak (pula) memberi makan orang miskin, dan kami membicarakan yang bathil, bersama dengan orang-orang yang membicarakannya, dan adalah kami mendustakan hari pembalasan, hingga datang kepada kami kematian.”

QS Al Mudatsir : 19 – 20

Shalat Rawatib

Lihat note ini : [Tausiyah Ramadhan] [Hari 13] TERSEDIA BANYAK RUMAH DI SURGA BAGI YANG MAU!

Memberi Makanan Berbuka

“Sesiapa yang menjemput orang yang berpuasa untuk berbuka, dia akan mendapat pahala sebagaimana pahala orang yang berpuasa itu tanpa mengurangkan sedikitpun pahala orang yang berpuasa tersebut.”

HR Tirmizi

Walaupun hanya seteguk air atau sebutir kurma, insyaAllah kita akan mendapatkan balasan kebaikan dari Allah SWT berlipat-lipat ganda ikhwan wa akhwat fillah. Saya yakin, yang membaca note ini mampu untuk memberikan seteguk air, bahkan mampu untuk memberi makan puluhan atau ratusan orang. Bulan ramadhan ini adalah momen yang subhanallah, sangat luar biasa untuk melatih diri kita menjadi hamba-hamba yang dermawan …

Membaca / Mengkhatamkan Al Quran

Lihat note ini : [Tausiyah Ramadhan] [Hari 12] Sudah 1400 Tahun Lebih, Tetap Terjaga …

Ikhwan wa akhwat fillah yang disayangi Allah SWT,

Itu hanya sebagian kecil amal-amal yang dapat kita muhasabah … Masih banyak amal-amal lain yang dapat kita lakukan untuk mempersiapkan bekal kita di hari di mana ayah dan ibu tidak mengenal anak-anaknya ,,, hari di mana tidak ada naungan selain dari naungan Allah SWT …

Dari Syadad bin Aus ra, dari Rasulullah saw, bahwa beliau berkata, “Orang yang pandai adalah yang menghisab (mengevaluasi) dirinya sendiri serta beramal untuk kehidupan sesudah kematian. Sedangkan orang yang lemah adalah yang dirinya mengikuti hawa nafsunya serta berangan-angan terhadap Allah SWT.”

HR Imam Turmudzi, ia berkata, ‘Hadits ini adalah hadits hasan’

Ikhwan wa akhwat fillah, semua keutamaan atau pun ganjaran yang tercantum di dalam al Quran dan hadis Rasul, itu adalah hal-hal yang bersifat ghaib. Allah SWT, malaikat, akhirat, pahala, dosa, surga, dan neraka, itu adalah hal-hal yang ghaib. Kita membutuhkan keimanan yang kuat. Allah SWT berfirman :

“Kitab Al Qur’an ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertakwa, yaitu mereka yang beriman kepada yang ghaib, yang mendirikan shalat dan menafkahkan sebahagian rezki yang Kami anugerahkan kepada mereka, dan mereka yang beriman kepada Kitab Al Qur’an yang telah diturunkan kepadamu dan Kitab-kitab yang telah diturunkan sebelummu serta mereka yakin akan adanya kehidupan akhirat. Mereka itulah yang tetap mendapat petunjuk dari Tuhan mereka, dan merekalah orang-orang yang beruntung.”

QS Al Baqarah : 2-5

Itulah, ikhwan wa akhwat fillah, kita harus betul-betul memiliki keyakinan yang kuat agar dalam ber-Islam dengan kaffah.

Semoga kita menjadi hamba-hamba Allah yang bertaqwa … Semoga Allah SWT menerima amal ibadah kita ,,, Semoga Allah mengampuni kita ,,, Semoga Allah SWT ridho … Amiin Ya Rabb ,,,

Mohon maaf atas segala kesalahan dan kekurangan …

Semoga semakin semangat ya ^^

Wassalamu’alaykum …

Fiamanillah,

Tim Moodis

Sesungguhnya Islam, iman, sholat, puasa, zakat, dan haji adalah hadiah terindah yang Allah berikan kepada kita. Kebahagiaan kita adalah saat-saat dimana kita dekat dengan Allah SWT.

Semoga ramadhan kali ini lebih baik dan lebih bermakna … Amiiiin ,,,

Mungkin ini ramadhan terakhir kita … Jangan sia-siakan ,,, Semoga Allah memudahkan langkah-langkah kita untuk selalu dekat dengan-Nya ,,, Semoga amal ibadah kita di terima oleh Allah SWT … Amiiiin Ya Rabb ,,,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: